Tuesday 24 January 2017

Realita Sebenarnya Para Korban Penggusuran dan Korban Reklamasi Ahok




Mau tahu realita sebenarnya dari para korban penggusuran di DKI Jakarta? Apakah mereka senang atau justru “menangis” hingga kini? Apakah mereka menjadi makmur atau justru malah tambah hancur?


Tonton video ini, “Jakarta Unfair (full version)”, sebuah film dokumenter yang dibuat Watchdoc.


Watchdoc adalah perusahaan independen pembuat film-film dokumenter tentang berbagai kejadian yang ada di Indonesia (atau mungkin juga di dunia, saya belum melihat semua film yang telah diproduksi Watchdoc).



Watchdoc lahir dari ketidak-puasan atau kekecewaan terhadap kebiasan media-media mainstream (media-media utama, entah itu berupa televisi atau lain-lain) dalam menyajikan berita-berita ke masyarakat. Seringkali berita-berita yang disajikan oleh banyak media mainstream itu tidak murni. Ada beban politik, ekonomi, dan lain-lain yang mewarnai berita-berita tersebut.



Seringkali berita disajikan tidak secara apa adanya ke masyarakat. Kebenaran ditutup-tutupi. Berita disajikan sesuai keinginan dan kepentingan “tangan-tangan berkuasa” yang menguasai atau berada di belakang layar redaksi.



Watchdoc sepertinya lahir untuk melawan arus yang tidak sehat itu. Watcdoc lahir untuk menyingkap dan menyajikan kebenaran ke masyarakat. Watchdoc berusaha untuk menjadi sumber alternatif bagi para pencari kebenaran yang sudah tahu dan tidak akan pernah puas lagi (alias sudah skeptis) dengan berita-berita yang beredar di pasaran.



Saya sudah tonton “Jakarta Unfair (full version)” yang dibuat Watchdoc. Panjang durasinya sekitar 52 menit. Di sini Anda akan melihat bagaimana penggusuran itu dari versi masyarakat yang mengalaminya. Apakah mereka senang? Apakah mereka bahagia? Anda bisa lihat sendiri di film ini. 


Buruan tonton. Siapa tahu film ini akan “dijegal” di keesokan hari oleh pihak-pihak yang merasa tidak senang dengan apa-apa yang terungkap di dalamnya.



Setelah menonton, jadilah masyarakat yang cerdas dalam mengambil sikap yang benar untuk kebaikan bangsa ini.

Berikut di bawah ini filmnya. Silakan di-klik atau di download:

Selain tentang penggusuran, Watchdoc juga telah membuat film tentang para korban proyek reklamasi. Judulnya: “Rayuan Pulau Palsu”. Silakan ditonton juga di youtube:

Semoga dengan terungkapnya kebenaran, masyarakat Indonesia akan menjadi lebih baik. Walhamdulillahi Rabbil ‘alamiin.

No comments:

Post a Comment

Komentarnya boleh pro, boleh juga kontra. Tetapi tetap jaga etika kesopanan ya...