Wednesday 29 July 2015

Sebuah Penipuan Mengatasnamakan Tri


Beberapa hari yang lalu, sebuah SMS masuk ke HP saya. Nomer pengirimnya +628981907530. Isi SMS tersebut:
INFO DARI TRI
Selamat Anda M-dpt HADIAH 27 Jt. Dr Tri
Berkat isi pulsa
Pin Pemenang Anda: HDR7JN7
U/INFO KLICK; www.hadiahTRIcoid.blogspot.com
    
     Sewaktu membaca SMS tersebut saya telah curiga bahwa SMS itu pasti adalah SMS penipuan. Kecurigaan saya adalah karena beberapa faktor:
1.)   Nomer pengirimnya adalah nomer HP biasa. Nomer pengirim resmi dari perusahaan Tri (yang pernah masuk ke HP saya) biasanya hanya berupa: 3 saja, atau 234, atau 93458, atau +3. Kalau nomer pengirimnya didahului oleh +62, maka itu adalah nomer HP biasa.
2.)   Tidak pernah ada pemberitahuan resmi sebelumnya dari perusahaan Tri bahwa Tri sedang mengadakan program undian. Sebuah perusahaan biasanya tidak akan melakukan sesuatu secara mendadak (apalagi memberi hadiah) tanpa memberitahukan atau mensosialisasikan program itu terlebih dulu kepada para pelanggannya.
3.)   Blog yang diinstruksikan untuk di-klik oleh SMS itu adalah blog gratisan (ujungnya blogspot.com). Sebuah perusahaan, apalagi perusahaan besar, mana mungkin mau memakai blog gratisan. Tengsin la yau!
     Itulah di antara beberapa alasan rasional yang membuat saya ragu terhadap kebenaran SMS tersebut. Tapi, demi lebih meyakinkan diri, keesokan harinya, sehabis shalat Subuh, saya hubungi nomer layanan customer Tri (123). Saya tanyakan apakah Tri memang mengadakan program hadiah semacam itu. Pihak Tri menjawab: tidak. Maka yakinlah saya bahwa SMS itu benar-benar sebuah penipuan.
     Namun rasa penasaran saya yang manusiawi mendorong saya untuk tetap membuka situs yang ditunjukkan oleh SMS itu. Saya ingin tahu, apa isinya. Dan amazing. Begitu saya buka situs tersebut, penampilan dan isinya betul-betul meyakinkan. Kenapa? Karena:

 -Halaman blog itu dipenuhi dengan logo-logo Tri
-Ada gambar-gambar program Tri
-Ada alamat contact service:
-Ada foto-foto hadiah untuk pemenang 1-6 (ada yang berupa mobil, uang tunai, dan motor berikut nomer-nomer PIN undiannya)
-Ada foto si ini dan si itu
     Ada foto (yang katanya) sang Direk Utama, foto DIRLANTAS POLDA METRO JAYA, dan foto notaris penanggung jawabnya (berikut 2 nomer contact center di bawahnya)
-Ada logo-logo Bank yang katanya:
- sponsor utama dari program itu (mereka cantumkan Bank BI)
-bank-bank yang bekerjasama (mereka cantumkan Bank BCA, Mandiri, BRI, dan BNI)
-Ada contoh komen dan foto dari orang yang katanya telah menerima hadiah tersebut
-Dan ini yang paling berani, ada bentuk surat jaminan yang seolah-olah benar dari kepolisian
     Orang awam atau orang yang sembrono yang melihat isi situs ini benar-benar bisa tergoda dan tertipu olehnya. Blog ini terlihat benar-benar dibuat secara profesional dan meyakinkan. Yang membuatnya tentu bukan orang bodoh, melainkan orang yang sedikit-banyaknya memiliki pengetahuan tentang ilmu IT dan sebagainya.
     Melalui blog ini saya mendoakan mudah-mudahan kita selalu terhindar dari berbagai macam bentuk usaha penipuan dan kejahatan. Kemudian saya menghimbau kepada orang-orang yang memiliki apalagi menguasai suatu ilmu (seperti ilmu tentang IT, atau lain sebagainya), hendaklah anda gunakan ilmu yang telah Tuhan karuniakan kepada anda itu untuk berbuat kebaikan. Jangan justru anda digunakan anugerah-Nya itu untuk mendurhakai-Nya dengan menipu manusia atau aneka dosa dan kejahatan lainnya. Karena segala kejahatan akan dibalas kejahatan pula. Tuhan tidak akan pernah lalai dari segala perbuatan anda.
     Kepada Bapak-bapak kepolisian yang  mungkin membaca blog ini, tentu kami harapkan tindakan tegasnya terhadap para penipu yang akan merugikan orang banyak. Apalagi mereka berani mencantumkan gambar-gambar atau atribut-atribut kepolisian untuk meyakinkan mangsanya bahwa seolah-olah program mereka itu sah dan dijamin kebenarannya oleh pihak kepolisian.
     Demikianlah sedikit berbagi pengalaman dan himbauan dari saya. Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi para pembaca. Wassalam. [Maltusiro/Media Muslim]

No comments:

Post a Comment

Komentarnya boleh pro, boleh juga kontra. Tetapi tetap jaga etika kesopanan ya...