Sunday 19 July 2015

Gerakan Dakwah Keliling Sumatera Barat Bersama Ustad Awwaluddin MA Periode X Telah Dimulai

Ustad Awwaluddin MA
Bagi sebagian perantau Minang, terutama para perantau yang ada di Jakarta, nama Ustad Awwaluddin MA mungkin sudah tidak asing lagi. Beliau sudah puluhan tahun tinggal di Jakarta dan sudah selama itu pula melakukan berbagai aktivitas dakwah dan pengajian ke berbagai tempat dan kalangan, termasuk pula kepada para perantau Minang yang ada di berbagai wilayah JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya. Selain mengisi pengajian-pengajian off air, suara Buya asal Padang Pariaman ini sering pula mengudara (on air) melaui stasiun-stasiun radio urang awak yang ada di perantauan seperti Radio Palanta dan Radio Pusako Minang (RPM). Ceramah-ceramah beliau pada umumnya terkesan tegas, energic (penuh semangat), dan humoris. Tiga gaya itu menyatu dan saling mengisi secara harmonis sehingga sebagian jamaahnya menilai bahwa ceramah beliau itu menarik dan tak membosankan. “kecek ambo baru limo baleh minik, kironyo alah duo jam,” komentar salah seorang jama’ah yang pernah penulis dengar dalam suatu kesempatan pengajian beliau.
    
Ustad yang juga pernah mengisi pengajian di Radio Rasil (Cibubur) ini, telah menelurkan karya-karya ceramahnya dalam bentuk VCD dengan berbagai judul dan tema, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Minang. Kaset-kaset VCD tersebut telah beredar di kalangan jama’ahnya yang tersebar di berbagai tempat. Di antara judul-judul VCD ceramahnya yang pernah ada adalah:
1.)    Beragama Islam dan Beradat Itu Kepribadian Orang Minang
2.)   Baa Nan Sabana Marantau?
3.)   Enam Fungsi Adat Minangkabau
4.)   Riwayat Hidup Tk. Syekh Burhanuddin Ulakan, Pariaman (paling laris)
5.)   Dosa Meninggalkan Shalat
6.)   Nur Muhammad SAW Asal Mula Kejadian Alam
7.)   Membangun Kesadaran Ummat Untuk Mencapai Kejayaan Islam
8.)   Empat Ciri Ahli Surga dan Ahli Neraka
9.)   Jernih-Jernihlah Cara Berfikir

salah satu VCD beliau yang pernah beredar
     Salah satu program dakwah beliau yang telah berjalan selama ini adalah Gerakan Dakwah Keliling Sumbar. Ini adalah program tahunan yang telah dimulai sejak tahun 2006. Program dakwah ini biasanya berlangsung kurang lebih selama satu atau dua minggu sejak Hari Raya Idul Fitri. Dalam program ini beliau stand by di Sumbar dan membuka diri kepada siapa saja yang ingin meminta beliau mengisi pengajian di tempat yang dikehendaki (baik di masjid, mushalla, kantor, gedung pertemuan, atau pun di rumah) di sekitar wilayah Sumatera Barat. Baik untuk acara pengajian biasa, acara halal bi halal, atau untuk acara-acara perhelatan yang pantas atau bagus diadakan ceramah padanya,  seperti acara respsi pernikahan, tagak rumah, atau lain sebagainya.
      Ini adalah murni gerakan dakwah. Beliau tidak menentukan tarif atau persyaratan apapun kepada para pengundangnya. Semuanya sesuai kemampuan jama’ah yang bersangkutan saja. Yang penting maksud atau hajat-baik pihak yang mengundang dapat berjalan dengan lancar. Segala sesuatunya dapat dibicarakan secara terbuka, sopan, dan kekeluargaan langsung kepada beliau demi suksesnya acara yang dimaksud.
     Beliau amat menganjurkan kepada setiap perantau agar kepulangan mereka yang sekali setahun itu tidak kosong, melainkan membawa manfaat bagi kampung mereka masing-masing. Dan salah satu perbuatan yang terbaik dan amat bermanfaat menurut al-Quran dan Sunnah adalah mengajak orang kepada jalan-jalan Allah, menghidupkan surau-surau, dan menyebarkan ilmu-ilmu yang bermanfaat.
     Kali ini, program tersebut telah memasuki periode yang ke-10. Periode yang kesepuluh ini direncanakan akan berlangsung dari tanggal 18 Juli 2015 (Sabtu) sampai tanggal 02 Agustus 2015 (Minggu). Antara tanggal 19 sampai 26 Juli 2015, jadwal beliau sudah penuh. Jadi, bagi pihak yang baru ingin mengundang, kesempatan yang masih ada adalah dari tanggal 27 Juli sampai tanggal 02 Agustus 2015. Silakan bagi para dunsanak yang berminat untuk langsung menghubungi beliau di nomer-nomer berikut ini:
1.)   Simpati: 0813-8916-6192
2.)   Simpati: 0813-8985-4546
3.)   XL: 0817-1432-41
4.)   XL: 0878-8295-2859

     Berikut ini adalah sebagian dari jadwal Dakwah Keliling Sumbar beliau yang telah ada. Bagi dunsanak yang memiliki waktu luang dan ingin mendengarkan langsung ceramah beliau mungkin dapat menghadirinya:
No.
Hari, Tanggal
Tempat
Pukul
1.
Minggu, 19 Juli 2015
Masjid Al-Qashas, Bayang, Tarusan, Pasar Baru, Pesisir Selatan
20.00 WIB
2.
Senin, 20 Juli 2015
Mushalla Sungai Rotan, Pariaman
20.00 WIB
3.
Selasa, 21 Juli 2015
Surau Cimpago, Pariaman
20.00 WIB
4.
Rabu, 22 Juli 2015
Surau Tanjuang Alai, Sungai Geringging
14.00 WIB
5.
Kamis, 23 Juli 2015
Rumah Keluarga Irwan (Ceramah Pernikahan), Bayur, Kampung Dalam, Pariaman
20.00 WIB
6.
Jum’at, 24 Juli 2015
1) Keluarga Besar Kasni Koto, Sungai Limau
16.00 WIB


2) Masjid Ambung Kapur, Padang Sago
20.00 WIB
7.
Sabtu, 25 Juli 2015
Masjid Bayur, Kampung Dalam, Pariaman
20.00 WIB
8.
Minggu, 26 Juli 2015
Surau Apa, Kampung Apa, Padang Sago
20.00 WIB
  
     Demikianlah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, terutama bagi para perantau yang ingin memanfaatkan kesempatan pulang kampungnya untuk menghidupkan surau-surau dan mensyiarkan agama Allah di wilayah-wilayahnya. Selamat Idul Fitri.

No comments:

Post a Comment

Komentarnya boleh pro, boleh juga kontra. Tetapi tetap jaga etika kesopanan ya...